Monday 29 March 2021

WE LOVE WHAT WE DO-CHAPTER VI (JOB/PROFESSION) KELAS 7/K13

 

CHAPTER IV

WE LOVE WHAT WE DO

MATERI BAHASA INGGRIS KELAS VII

 

 

KOMPETENSI DASAR:
3.6 mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait dengan tingkah laku/tindakan/fungsi orang, binatang, benda, sesuai dengan konteks penggunaannya (Perhatikan unsur kebahasaan kalimat declarative, interrogative, simple present tense)

INDIKATOR PEMBELAJARAN:
Pada pembelajaran modul sebelumnya, Ananda telah mempelajari tentang berbagai kata sifat yang mendeskripsikan orang, benda, dan binatang. Modul 6 ini masih berkaitan dengan orang, benda dan binatang. Ananda akan mempelajari teks interaksi transaksional tindakan memberi dan meminta informasi terkait dengan tingkah laku/tindakan/fungsi orang, serta Ananda juga akan mempelajari tentang kebiasaan yang dilakukan. Untuk itu indikator pembelajaran yang harus Ananda capai setelah mempelajari kegiatan belajar 1 adalah Ananda dapat (1) mengidentifikasi ungkapan yang digunakan untuk memberi dan meminta informasi terkait pekerjaan/ tingkah laku yang dilakukan orang (2) mengidentifikasi ungkapan yang digunakan untuk menanyakan dan memberi informasi terkait kebiasaan orang.

AKTIVITAS PEMBELAJARAN:

a. What do people do?

Let’s Get Ready

Pada pertemuan ini Ananda akan belajar teks interaksi transaksional terkait ungkapan menanyakan dan memberi informasi berbagai pekerjaan, kegiatannya, dan dimana pekerjaan tersebut dilakukan.

 

Now take a look at the picture below./Sekarang Ananda perhatikan gambar berikut ini.

Gambar 6.1. Pekerjaan dan Keseharian

Wachidah, Siti, dkk. (2017). Bahasa Inggris untuk SMP/MTs Kelas VII: When English Rings a Bell . Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

 What do you see in the picture? Yes.

There are a farmer, a teacher, a mother, a surgeon, and students.

Do you know what a farmer does? Good. A farmer grows rice.

How about a teacher? What does a teacher do? Right. A teacher teaches students.

You see there is a mother. What does a mother do? Yes. A mother takes care of her family.

 

You will learn to ask for and give information related to actions of people in order to

identify, to criticize or to praise them.

 

Perhatika  dialog berikut:

Ananda cermati kalimat tanya yang di cetak tebal dan respon dari pertanyaan

tersebut. Tuliskan pertanyaan serupa dan jawabannya yang terdapat pada dialog

tersebut pada tabel berikut ini.


Dari beberapa pertanyaan di atas Ananda dapat mengetahui bagaimana

menanyakan tentang pekerjaan seseorang dan Ananda mengetahui juga bagaimana

menyatakan pekerjaannya

 

Activity 2.

Nah, Ananda sudah mengetahui ungkapan menanyakan dan menyatakan pekerjaan seseorang. Sekarang Ananda mempraktikannya kepada beberapa teman satu kelas Ananda tentang pekerjaan anggota keluarga teman Ananda masing-masing, seperti contoh pada tabel berikut:


Setelah Ananda menanyakan pekerjaan anggota keluarga teman-teman Ananda,

selanjutnya Ananda mempresentasikan informasi tentang pekerjaan orang tua (ayah

dan ibu) 5 orang teman sekelas. Ananda dapat mempresentasikan seperti contoh

berikut ini;


Activity 3.

Pada kegiatan selanjutnya Ananda secara berkelompok akan mengidentifikasi

berbagai pekerjaan berdasarkan gambar yang diberikan


Activity 4

Setelah Ananda memahami berbagai jenis pekerjaan, selanjutnya Ananda berkelompok mengidentifikasi work activities berdasarkan gambar-gambar dari pekerjaan berikut ini.



Ananda diskusikan dengan teman kelompok Ananda untuk melengkapi tabel

berikut ini berdasarkan gambar di atas (no 1-14).

SOURCE:
http://ditsmp.kemdikbud.go.id/b-inggris-modul-6-we-love-what-we-do/


No comments:

Post a Comment