CHAPTER IV
WE LOVE WHAT WE DO
MATERI BAHASA INGGRIS KELAS VII
KOMPETENSI DASAR:
3.6 mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks
interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan
meminta informasi terkait dengan tingkah laku/tindakan/fungsi orang, binatang,
benda, sesuai dengan konteks penggunaannya (Perhatikan unsur kebahasaan kalimat
declarative, interrogative, simple present tense)
INDIKATOR PEMBELAJARAN:
Pada pembelajaran modul sebelumnya, Ananda telah mempelajari tentang berbagai
kata sifat yang mendeskripsikan orang, benda, dan binatang. Modul 6 ini masih
berkaitan dengan orang, benda dan binatang. Ananda akan mempelajari teks
interaksi transaksional tindakan memberi dan meminta informasi terkait dengan
tingkah laku/tindakan/fungsi orang, serta Ananda juga akan mempelajari tentang
kebiasaan yang dilakukan. Untuk itu indikator pembelajaran yang harus Ananda
capai setelah mempelajari kegiatan belajar 1 adalah Ananda dapat (1) mengidentifikasi
ungkapan yang digunakan untuk memberi dan meminta informasi terkait pekerjaan/
tingkah laku yang dilakukan orang (2) mengidentifikasi ungkapan yang digunakan
untuk menanyakan dan memberi informasi terkait kebiasaan orang.
AKTIVITAS PEMBELAJARAN:
a.
What do people do?
Let’s
Get Ready
Pada
pertemuan ini Ananda akan belajar teks interaksi transaksional terkait ungkapan
menanyakan dan memberi informasi berbagai pekerjaan, kegiatannya, dan dimana
pekerjaan tersebut dilakukan.
Now
take a look at the picture below./Sekarang Ananda perhatikan gambar berikut
ini.
Gambar
6.1. Pekerjaan dan Keseharian
Wachidah, Siti, dkk. (2017). Bahasa Inggris untuk SMP/MTs Kelas VII: When English Rings a Bell . Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
There
are a farmer, a teacher, a mother, a surgeon, and students.
Do you
know what a farmer does? Good. A farmer grows rice.
How
about a teacher? What does a teacher do? Right. A teacher teaches students.
You
see there is a mother. What does a mother do? Yes. A mother takes care of
her family.
You
will learn to ask for and give information related to actions of people in
order to
identify,
to criticize or to praise them.
Perhatika dialog berikut:
Ananda cermati kalimat tanya yang di cetak tebal dan respon dari pertanyaan
tersebut.
Tuliskan pertanyaan serupa dan jawabannya yang terdapat pada dialog
tersebut
pada tabel berikut ini.
Dari beberapa pertanyaan di atas Ananda dapat mengetahui bagaimana
menanyakan
tentang pekerjaan seseorang dan Ananda mengetahui juga bagaimana
menyatakan
pekerjaannya
Activity 2.
Nah,
Ananda sudah mengetahui ungkapan menanyakan dan menyatakan pekerjaan seseorang.
Sekarang Ananda mempraktikannya kepada beberapa teman satu kelas Ananda tentang
pekerjaan anggota keluarga teman Ananda masing-masing, seperti contoh pada
tabel berikut:
Setelah Ananda menanyakan pekerjaan anggota keluarga teman-teman Ananda,
selanjutnya
Ananda mempresentasikan informasi tentang pekerjaan orang tua (ayah
dan
ibu) 5 orang teman sekelas. Ananda dapat mempresentasikan seperti contoh
berikut
ini;
Activity 3.
Pada
kegiatan selanjutnya Ananda secara berkelompok akan mengidentifikasi
berbagai
pekerjaan berdasarkan gambar yang diberikan
Activity
4
Setelah
Ananda memahami berbagai jenis pekerjaan, selanjutnya Ananda berkelompok
mengidentifikasi work activities berdasarkan gambar-gambar dari pekerjaan
berikut ini.
Ananda diskusikan dengan teman kelompok Ananda untuk melengkapi tabel
berikut
ini berdasarkan gambar di atas (no 1-14).
SOURCE:
http://ditsmp.kemdikbud.go.id/b-inggris-modul-6-we-love-what-we-do/
No comments:
Post a Comment